Thursday, November 18, 2010

Celoteh Si Kecil ~ Rasa

Seperti biasa ada saja pertanyaan yang keluar dari mulut polos si 'kecil'  (K) ke si 'bapak' (B). Obrolan-obrolan seorang anak kepada bapaknya yang terkadang memberikan sindiran dan senthilan.

K : "Itu apa pak, kok warnanya putih ?. tak rasain ya". tanya si kecil kepada bapaknya 
 
B : "Itu garam le, coba aja. Rasanya asin to le, nek ndak ada garam rasanya makanan akan terasa hambar, nek kebayakan ntar jadi keasinan, ndak enak  le." Dan dilihatnya si kecil manggut-manggut

K : "Lhak nek itu juga putih opo pak?"
B : "Itu gula, rasanya manis. Nek banyak-banyak ntar kemanisan ndak baik buat kesehatan 'kata pak dokter', ntar kena sakit gula".

K : "Kalau yang dibotol itu apa pak?"
B : "Itu asam cuka, minum aja...Asem (asam) rasane.  Coba sekarang kamu makan sop ayam buatan ibumu. Piye uenak ya. Sekarang pelan-pelan dirasakan ya le, ada rasa asin, manis, asem di situ to le.. Tiga rasa yang menyatu menjadi satu, tidak hilang, bisa diurai lagi menjadi tiga, bahkan bisa menjadi banyak rasa tergantung banyaknya bahan yang dimasukkan di situ. Adonan yang PAS...tidak lebih dan tidak kurang....dalam semangkok sop ayam"

Begitu obrolan dengan si 'kecil', terus ngerumpi sambil becanda  hingga akhirnya
B : "Le, kemarin kamu dah tahu to, apa itu kaki, tangan, mata mulut, kepala, perut, dsb....Semua bagian dari tubuhmu yang luar atau dalam dah kamu tahu to. Sekarang coba bisa ndak tangan kirimu ingin meraih belakang badanmu, yang kanan ingin menggapai yang ada di depan, matamu ingin tidur terpejam, kakimu ingin berjalan, perutmu terasa mules semua terjadi pada saat bersamaan piye jal...bisa le....hehehehe....Kalau mau bisa, bapak potong aja tubuhmu ya biar terpisah-pisah, biar semua bisa dapat. melakukan semuanya itu. Tapi ntar ndak ada yang mengenali dirimu....yang liat pasti bilang tangan terbang, kepala terbang....kaki berjalan sendiri....malah pada takut, lari semua...ntar dikira ada hantu...hehehehe."

"beda ya le kalau semua itu jadi satu, temen-temenmu akan memanggil namamu "dewa" atau panggil adikmu "arjun"....lha wong mereka liatnya satu kesatuan tubuhmu...Semua bagian tubuhmu, ragamu ini ada yang mengendalikannnya....Adanya di dirimu sendiri, pelajari saja le...Hingga akhirnya kamu bisa 'bertindak' dan tahu apa itu' Tindakan"

" Ayo le sekarang main monster-monsteran...Bapak jadi Monster, kamu jadi Ultraman, Ntar dibalik ya Bapak jadi Ultraman kamu jadi Monster....Jadi tahu RASANYA jadinya MONSTER dan ULTRAMAN......hehehehe""""


No comments:

Post a Comment