Tuesday, June 7, 2011

Celoteh Si Kecil ~ Bermain 'Game'

Sore itu seorang bapak sedang asik di depan komputer, tampak asyik memandangi layar. Seakan-akan terikat dengan sang layar hingga tanpa disadarinya si kecil dan adiknya mendekatinya. Seperti  biasanya selalu ada permintaan, celoteh dan tingkah laku dari mereka berdua. Melihat sang bapak yang dilihatnya asyik bermain, si kecilpun timbul keisengannya.

"Ayo dek, kamu serang bapak dari sisi sebelah. Aku akan serang dari sisi satunya, kita gunakan jurus-jurus Ultraman biar monsternya bisa kita kalahkan," kata si kecil kepada adiknya yang langsung menurut kata-kata kakaknya.

Keduanya langsung menyerang, hingga sang bapak terpaksa melayani permainan itu. Bertiga mereka 'bertarung' hingga akhirnya monster (sang bapak) menyerah kepada kedua Ultraman. Karena capek merekapun akhirnya tiduran sambil ngobrol .

"Gimana sudah puas  kalian main monster-monsteran tadi, kalau sudah sekarang bapak ceritain apa yang barusan dimainkan di komputer tadi. Mau tidak le? " tanya bapak kepada si kecil.

"Mau pak, cuma itu mainan apa kok sepertinya main bola. Kayaknya lebih asyik kalau main game ikan atau balap pak. Iya kan ya dek? jawab si kecil sambil bertanya kepada adiknya. Tentu saja sang adik hanya senyam-senyum dan menurut saja .

Kemudian sang bapakpun menceritakan dengan detil game tersebut. Dalam game tersebut sebenarnya mengajak untuk mencoba menjadi sebuah manager tim sepakbola. Tentu saja untuk itu harus mengenal lebih dalam tentang tim yang akan dipimpinnya yang didalammnya terdapat assistent manager, scout, phsyco, coatch, pemain disamping adanya prasarana seperti lapangan, tempat latihan, keuangan dan aturan klub serta sepakboala itu sendiri. Dengan mengetahui fungsi, tugas, kelebihan dan kekurangan yang ada dimasing-masing bagian akan memudahkan untuk menerapkan jenis latihan, strategi yang cocok untuk team. Bermacam strategi permaian dari 4-4-2, 4-5-1, 3-5-2 dsb memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dengan mengetahuinya maka akan membantu dalam menghadapi lawan dalam permainan sepakbola. Dengan memahami team , strategi serta permaian sepakbola itu sendiri maka semakin menikmati indahnya sepakbola.

"Jadi begitu kira-kira yang bisa kalian pelajari dari sebuah gama ini. Ibarat game tadi, dirimu seharusnya juga bisa belajar lebih dalam tentang dirimu sendiri, segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Kamu latih dengan belajar berbagai macam strategi, dikembangkan pola-pola baru yang akan semakin membuat dirimu berkembang. Jangan cepat putus asa dan merasa unggul. Namun  juga jangan terlalu ngoyo. Kamu nikmati keindahan hidup ini seperti keindahan permainan sepakbola tadi. Disamping mengembangkan dirimu, kamu lihat juga sekitarmu. Lihat dan pelajari. Bersama sekitarmu kamu akan bermain kehidupan bersama-sama." jelas sang bapak.

"Ayo le sekarang bersama kita belajar gama ikanmu, sehingga nantinya dirimu tidak hanya asal makan dan memakan. Namun akan memahami permainan dari sebuah game tadi dan ada sesuatu yang bisa kau ambil dari game ikanmu," lanjut sang bapak.

Mereka bertigapun akhirnya larut dalam sebuah game ikan, sambil menunggu kedatangan sang ibu yang sedang membeli minuman beras kencur dan kunyit asem .



Sebuah 'game' seringkali mampu membuat seseorang mampu larut dan hanyut kedalamnya namun sebenarnya dari sanalah mungkin banyak hal yang bisa dipelajari dari sebuah 'game' sederhana.



No comments:

Post a Comment